7 Syarat Makanan Yang Boleh Masuk Ke Tubuh Anda

"Makanan Sehat" merupakan salah satu hal terpenting untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Jika anda tidak hati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi, maka akan berefek pada jangka pendek serta jangka panjang pada kesehatan anda. Tentunya ada beberapa syarat atau kriteria pada berbagai jenis makanan yang boleh masuk ketubuh anda. Tidak sedikit dari kita yang masih bingung tentang berbagai makanan sehat tesebut. Lalu, apa saja syarat makanan sehat yang boleh masuk ke tubuh tersebut...???.

Sahabat, tips kesehatan. Di zaman modern sekarang ini, berbagai jenis makanan mampu memanjakan mata dan lidah setiap orang. Sangat manusiawi jika kita berhasrat untuk membeli dan merasakan aneka makanan lezat tersebut. Namun, muncul pertanyaan besar, apakah makanan tersebut menyehatkan tubuh atau malah meracuni tubuh secara perlahan-lahan. Untuk itulah, diperlukan panduan tentang cara menentukan makanan tersebut sehat dan baik untuk tubuh kita atau malah sebaliknya. Ada berbagai syarat yang mungkin bisa menjadi panduan anda. Berikut ini 7 syarat makanan yang boleh masuk ke tubuh anda :

  1. Berkabohidrat Baik. Aneka makanan yang mengandung karbohidrat baik sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Alasannya, aneka makanan yang berkabohidrat baik memiliki indek glikemik rendah. Sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dalam waktu singkat. Makanan yang dimaksud yaitu gandum, aneka buah dan sayur-sayuran serta kacang-kacangan.
  2. Berprotein. Protein juga salah satu nutrisi yang sangat menyehatkan dan dibutuhkan oleh tubuh anda. Aneka makanan berprotein yang sangat disarankan dan baik untuk dikonsumsi yaitu daging ayam, putih telur, kacang-kacangan serta ikan. Namun, batasi atau hindarilah makanan berprotein yang tinggi lemak jenuh seperti daging merah.
  3. Berserat Tinggi. Aneka makanan berserat disamping menyehatkan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan anda. Ada berbagai jenis makanan yang merupakan sumber serat seperti aneka buah-buahan, sayuran hijau, biji-bijian serta kacang-kacangan. Susah buang air besar juga disebabkan karena kurangnya makanan berserat setiap hari.
  4. Kaya Nutrisi Penting. Buah-buahan dan aneka sayuran hijau merupakan dua jenis makanan yang terbukti memiliki nutrisi berlimpah yang paling baik untuk tubuh anda. Berbagai nutrisi yang dimaksud yaitu aneke jenis vitamin, sumber antioksidan, sumber serat dan tak kalah pentingnya juga rendah kalori.
  5. Non Lemak Trans. Usahakan untuk menghindari berbagai makanan yang terbukti mengandung lemak trans didalamnya. Ini dikarenakan, berbagai resiko dan gangguan kesehatan akan menimpa tubuh anda. Aneka makanan yang dimaksud yaitu makanan panggang yang dibekukan, aneka makanan yang digoreng dengan minyak yang sama secara berkali-kali serta pop corn dalam kemasan.
  6. Memiliki kandungan Omega 3. Berbagai makanan yang mengandung omega 3 berperan untuk meningkatkan sistem imun tubuh, baik untuk jantung serta menangkal aneka jenis peradangan. Makanan yang dimaksud yaitu salmon, sarden serta makarel.
  7. Berkalsium Tinggi. Kalsium sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan menghindarkan pengeroposan atau osteoporosis secara lebih dini pada pria maupun wanita. Aneka makanan yang memiliki kandungan cukup kalsium yang dibutuhka oleh tubuh yaitu aneka sayuran berdaun hijau serta aneka jenis biji-bijian.
Artikel Kesehatan Lainnya....
Semoga tips kesehatan yang mengulas beberapa syarat makanan yang boleh masuk ke tubuh dapat bermanfaat bagi para pembaca. Akhir kata, salam hangat dari penulis. Image courtesy of Ambro at FreeDigitalPhotos.net. Sumber : livestrong, intips-kesehatan.blogspot.

Related Posts:

0 Response to "7 Syarat Makanan Yang Boleh Masuk Ke Tubuh Anda"

Posting Komentar