7 Makanan Yang Menurunkan Kadar Kolesterol Anda

"Kolesterol" mungkin sudah tidak asing lagi di telinga setiap orang. Tahukah anda, kolesterol merupakan salah satu lemak tubuh atau yang lebih dikenal dengan nama lipid. Sebagai lemak tubuh, kolesterol tentunya memiliki berbagai fungsi di dalam tubuh manusia. Namun, jika kadar kolesterol jahat dalam darah mengalami kenaikan atau tinggi. Maka, hal ini dapat menjadi masalah serius bagi kesehatan tubuh. Berbagai jenis makanan terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol anda. Lalu, apa saja makanan penurun kolesterol tersebut...???.

Sahabat, tips kesehatan. Dalam keadaan normal atau stabil, kolesterol memang memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh manusia. Beberapa fungsi kolesterol sebagai lemak tubuh yaitu penyusun struktur pada membran sel, melindungi kulit dari racun dan masalah kekeringan, pembentukan vitamin D (bersama sinar UV) serta membentuk asam empedu di usus. Namun, kenaikan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti gangguan ereksi, gagal ginjal, serangan jantung, stroke serta meningkatnya resiko penyakit Alzheimer. Tips kesehatan, berikut ini 7 makanan yang menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda :

  1. Tomat. Meskipun tergolong ke dalam jenis buah-buahan, mengkonsumsi tomat ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Anda dapat membuat jus tomat yang enak dan minumlah dua gelas jus tomat setiap hari.
  2. Bawang putih. Meskipun tergolong rempah-rempah atau salah satu bumbu dapur bagi semua ibu rumah tangga. Bawang putih ternyata juga sangat efektif membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Usahakan untuk mengkonsumsi satu siung bawang putih perhari untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda (andapun bisa mencampurkan ke dalam berbagai jenis masakan).
  3. Aneka Olahan Kedelai (tahu dan tempe). Kedua jenis makanan tersebut juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. Manfaat lain yang dapat diperoleh yaitu terdapat sumber protein dalam kedua jenis makanan tersebut.
  4. Kacang-Kacangan. Kacang-kacangan yang dimaksud seperti kacang tanah, kenari, almond serta edamame. Kandungan lemak omega 3 dan antioksidan dalam kacang-kacangan sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda.
  5. Alpukat. Buah dengan penampakan bulat lonjong dan bewarna hijau tersebut merupakan salah satu jenis buah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Ini dikarenakan, ada dua jenis kolesterol dalam tubuh kita yaitu kolesterol jahat (Low-density lipoprotein) dan kolesterol baik (High-density lipoprotein).
  6. Delima. Buah bulat merah kecil tersebut ternyata juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh khususnya berfungsi mengurangi penumpukan plak kolesterol serta mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang dapat membantu dalam mengurangi plak pada arteri.
  7. Anggur. Buah anggur ternyata juga sangat baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Dengan rutin minum dua gelas jus anggur setiap hari dapat menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh anda.
Artikel kesehatan lainnya.....
Demikianlah tips kesehatan yang mengulas 7 makanan yang menurunkan kadar kolesterol anda. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan dan menginspirasi semua pembaca. Sumber : majalahkesehatan, tabloidnova, medicalnewstoday, mayoclinic, heart, prevention. Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net

Related Posts:

0 Response to "7 Makanan Yang Menurunkan Kadar Kolesterol Anda"

Posting Komentar