6 Bahaya Menonton Televisi Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Hobi menonton televisi...???. Hampir sebagian besar orang tentu menyukai melihat atau menonton televisi dalam kehidupannya. Televisi memang menawarkan berbagai hiburan dan acara yang memanjakan mata setiap orang. Kitapun tidak sadar telah duduk berjam-jam hanya untuk sekadar menyaksikan berbagai acara yang disajikan berbagai stasiun televisi dari film, sinetron, acara olahraga hingga berita artis idola anda. Tapi berdasarkan faktanya, menonton televisi dengan durasi waktu yang lama sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja bahaya menonton televisi terlalu lama bagi kesehatan tubuh anda....???

Sahabat, tips kesehatan. Televisi memang menyajikan berbagai hiburan dan menambah pengetahuan bagi pemirsanya. Melalui televisi, kita dapat mengetahui berbagai informasi dari belahan dunia serta informasi terbaru yang sedang hangat diperbicangkan. Berbagai acara televisi tentu bukan penyebab berbagai masalah kesehatan pada tubuh anda. Dalam hal ini, usahakan jangan terlalu lama duduk di depan televisi. Ini dapat anda lakukan dengan membatasi waktu untuk menonton televisi setiap hari. Tips kesehatan kali ini akan mengulas berbagai bahaya kesehatan saat seseorang menonton televisi terlalu lama. Berikut ini berbagai bahaya menonton televisi terlalu lama bagi kesehatan :

  1. Memicu Meningkatnya Resiko Penyakit Jantung. Melihat televisi terlalu lama (lebih dari 4 jam sehari) dapat menyebabka masalah atau penyakit pada organ jantung. Ini dikarenakan, saat seseorang menonton televisi, maka tubuhnya sedikit sekali bergerak dalam waktu yang relatif lama.
  2. Jam Tidur Malam Yang Tidak Teratur. Tubuh kita membutuhkan waktu istirahat yang cukup setiap malamnya untuk mempertahankan kesehatan tubuh itu sendiri. Membiarkan mata untuk melihat acara televisi hingga larut malam tentu akan berdampak pada menurunnya kualitas kesehatan tubuh dari hari ke hari.
  3. Memperbesar Resiko Diabetes. Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of American Medical Association pada tahun 2003, menghasilkan bahwa resiko penyakit diabetes akan meningkat mencapai angka 14 persen, saat seseorang menonton televisi selama dua jam dalam seharinya.
  4. Penambahan Berat Badan Berlebih Atau Kegemukan. Kegemukan pada tubuh tentu memicu munculnya berbagai masalah dan gangguan kesehatan serta penyakit. Kurang aktif bergerak serta mengemil berlebih saat menonton televisi merupakan faktor pemicu obesitas atau kegemukan itu sendiri.
  5. Meningkatnya Resiko Serangan Asma. Menonton televisi dengan durasi yang lama dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit asma. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di inggris terhadap 3000 anak, mulai usia bayi sampai dengan usia 11 tahun, menunjukkan bahwa anak-anak tersebut akam memiliki resiko menderita asma dua kali lipat saat melihat acara televisi selam dua jam atau lebih setiap hari.
  6. Menurunkan Kesehatan Organ Mata. Saat menonton acara favorit ditelevisi, organ mata akan jarang berkedip dan selalu fokus pada satu objek didepannya. Hal inilah yang akan membuat organ penglihatan akan menurun dari waktu ke waktu.
Artikel Kesehatan Lainnya....
Demikianlah tips kesehatan yang membahas 6 bahaya menonton televisi terlalu lama bagi kesehatan. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Sumber : rediff. Image courtesy of Ambro at FreeDigitalPhotos.net

Related Posts:

0 Response to "6 Bahaya Menonton Televisi Terlalu Lama Bagi Kesehatan"

Posting Komentar