7 Manfaat Dahsyat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Pernah Berenang...???. Mungkin sebuah pertanyaan yang terdengar sedikit mengejek anda, khususnya yang tak pernah singgah atau menceburkan diri di kolam renang. Berenang merupakan salah satu olahraga yang tidak semua orang bisa melakukannya. Diperlukan latihan rutin atau seorang pelatih untuk mengajari seseorang untuk berenang. Karena termasuk salah satu jenis olahraga tubuh, berenang ternyata memiliki berbagai manfaat yang begitu besar bagi kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaat dahsyat berenang bagi kesehatan tubuh tersebut...???.

Sahabat, tips kesehatan. Saya (penulis) membutuhkan waktu sekitar 4 (empat) bulan lebih, hanya untuk belajar gaya renang katak ( Dipandu oleh seorang pelatih renang). Memang dibutuhkan waktu yang relatif lama untuk mempelajari salah satu gaya renang pilihan anda. Kembali ke topik bahasan, berenang selain salah satu olahraga yang paling menyenangkan juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh anda. Salah satunya yaitu dapat membuat tubuh lebih fit dan bugar untuk menghadapi aktivitas dan pekerjaan yang menanti anda. Berikut ini 7 manfaat dahsyat berenang bagi kesehatan tubuh anda :

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung Anda. Menurut the American Heart Association, melakukan olahraga ringan (termasuk berenang) dalam waktu 30 menit setiap hari mampu mengurangi penyakit jantung koroner sebesar 30 - 40 % (persen) khususnya pada wanita. Selain itu, berenang juga dapat meningkatkan kinerja organ jantung lebih optimal.
  2. Membantu Mengontrol Berat Badan Anda. Fakta terbaru, berenang merupakan salah satu olahraga terbaik untuk pembakar kalori pada tubuh. Oleh karena itulah, bagi anda yang mengalami masalah berat badan, maka berenang mungkin menjadi solusi yang sangat efektif bagi anda.
  3. Menyehatkan Sendi Dan Otot Anda. Berenang merupakan salah satu olahraga yang paling mudah dan tidak memberatkan tubuh anda Ini dikarenakan, saat berenang, 90 persen berat badan di tanggung oleh air kolam. Sehingga, kitapun dapat menggerakkan semua anggota tubuh tanpa harus merasakan berat tubuh sendiri.
  4. Meningkatkan Jumlah Kolesterol Baik. Tidak hanya membuat tulang lebih kokoh, berenang juga dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh anda. Dalam saat bersamaan pula, berenang juga mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat yang bisa mengancam jiwa anda.
  5. Menurunkan Resiko Terkena Diabetes. Olahraga ringan (seperti berenang) 30 menit setiap hari selama tiga kali dalam seminggu mampu membakar kurang lebih 900 kalori pada tubuh. Ini tentunya kabar baik, bagi anda yang ingin mencegah maupun menurunkan resiko penyakit diabetes dalam tubuh anda.
  6. Menurunkan Tingkat Stres. Ini dikarenakan, berenang dapat menciptakan suasana tenang dan bahagia dan meningkatkan hormon endorfin (hormon yang berkaitan dengan perasaan senang dan bahagia dalam pikiran anda ). Sehingga stres pun dapat diturunkan dengan lebih mudah.
  7. Memperpanjang Usia Anda. Sebuah penelitian yang dilakukan selama 32 tahun oleh para peneliti di University of South Carolina yang di ikuti oleh 40.547 orang yang memiliki rentan usia 20 - 90 tahun, menemukan bahwa mereka yang terbiasa berenang memiliki resiko meninggal 50 persen lebih rendah dibandingkan para olahragawan lainnya seperti pelari, pejalan kaki dan yang tidak pernah berolahraga.
Artikel Kesehatan Lainnya....
Semoga tips kesehatan yang mengulas berbagai manfaat dahsyat berenang bagi kesehatan tubuh dapat bermanfaat dan memotivasi pembaca untuk mulai hobi berenang. Akhir kata, salam hangat dari penulis. Image courtesy of franky242 at FreeDigitalPhotos.net. Sumber : health.howstuffworks.

Related Posts:

0 Response to "7 Manfaat Dahsyat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh Anda"

Posting Komentar