5 Resiko Dari Penggunaan Smartphone Secara Berlebihan

"Smartphone Atau Ponsel Pintar", mungkin sudah tak asing bagi sebagian orang. Bahkan pengguna smartphone dari hari ke hari cenderung mengalami peningkatan secara tak terkendalikan. Berbagai fitur dan aplikasi pada smartphone membuat pemiliknya tak mau jauh-jauh dari smartphone miliknya tersebut. Inilah yang menjadi biang keladi dari berbagai gangguan dan masalah kesehatan yang mungkin anda rasakan saat ini. Lalu, apa saja sebenarnya resiko penggunaan smartphone secara berlebihan tersebut...???,

Sahabat, tips kesehatan. Tidak sedikit yang mengatakan bahwa smartphone semakin mempermudah hidup seseorang setiap harinya. Dengan smartphone ditangan, maka segala pekerjaan yang dulunya hanya bisa di lakukan di komputer atau laptop bisa digantikan perannya oleh sebuah smartphone. Alasan inilah yang membuat smartphone semakin laris manis dipasaran gadget dunia dan di negara kita. Tapi, penggunaan smartphone secara membabi buta dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda. Berikut ini 5 resiko nyata dari penggunaan smartphone secara berlebihan :

  1. Meningkatkan Resiko Kram Jari Dan Peradangan. Jari, pergelangan dan siku pada tangan merupakan daerah yang paling dikorbankan dari penggunaan smartphone secara berlebihan. Efeknya tentu akan mulai anda rasakan seperti sering terjadi kram pada jari tangan serta beresiko meningkatkan peradangan pada sendi (tendinitis). Solusinya, batasi penggunaan smartphone dan lakukan peregangan setelah menggunakan smartphone pada ketiga area diatas.
  2. Mengakibatkan Pegal Pada Daerah Leher Dan Punggung. Sebagian besar pengguna smartphone selalu berposisi menunduk saat menatap layar smartphone miliknya. Inilah yang mengakibatkan rasa sakit atau nyeri pada daerah leher dan punggung. Solusinya, sejajarkan smartphone dengan kepala anda, maka rasa sakit pada kedua daerah tersebut dapat anda hindari.
  3. Membahayakan Kesehatan Mata. Rentang waktu penggunaan smartphone yang begitu lama tentulah berefek buruk pada organ mata seperti mulai kabur, mata kering serta mata yang mulai lelah. Solusinya, sesuaikan ukuran huruf pada smartphone senyaman mungkin, sering mengedipkan mata serta sesekali alihkan pandangan dari smartphone dengan melihat objek yang lebih jauh.
  4. Beresiko Terkena Gejala Nomophobia. Nomophobia merupakan rasa takut untuk menjalani hidup, jika harus hidup tanpa smartphone di tangan. Solusinya, jangan sering mengecek smartphone dengan menaruhnya di tas dan bukan disaku anda. Serta luangkan waktu minimal satu hari tanpa smartphone. Beranikan anda....???.
  5. Merusak Jam Tidur Malam. Ada banyak sekali yang harus dicek di smartphone milik anda seperti berbagai update jejaring sosial serta email yang belum sempat di baca. Hal inilah yang membuat seseorang terjaga hingga larut malam. Solusinya, jauhkan smartphone dari tempat tidur atau jangkauan tangan anda.
Artikel Kesehatan Lainnya....
Semoga tips kesehatan yang mengulas 5 resiko nyata dari penggunaan smartphone secara berlebihan dapat bermanfaat bagi pembaca. Akhir kata, salam hangat dari penulis. Image courtesy of adamr at FreeDigitalPhotos.net. Sumber : goodhousekeeping, intips-kesehatan.blogspot.

Related Posts:

0 Response to "5 Resiko Dari Penggunaan Smartphone Secara Berlebihan"

Posting Komentar