7 Makanan Segar Sebagai Sumber Antioksidan Alami

Antioksidan merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Ini dikarenakan, salah satu peran utama antioksidan yaitu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas yang dapat masuk ke tubuh seseorang. Radikal bebas yang bercampur oksigen yang kita hirup dapat menjadi pemicu beberapa jenis kanker. Berbagai makanan sehat terbukti dapat menangkal radikal bebas. Lalu, apa saja makanan sehat yang memiliki sumber antioksidan yang alami tersebut...???.

Sahabat, tips kesehatan. Udara yang bersih dan bebas dari polusi rasanya sudah sangat sulit didapatkan khususnya didaerah perkotaan. Ini mungkin disebabkan kurang memadainya taman kota plus semakin banyaknya sepeda motor dan mobil yang menciptakan polusi melalui asap yang dikeluarkannya. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu udara yang kita hirup terkontaminasi (tercampur) berbagai radikal bebas. Nutrisi antioksidan sangat diperlukan untuk melawan berbagai radikal bebas yang masuk tubuh. Berikut ini 7 makanan segar sebagai sumber antioksidan alami :

  1. Tomat. Buah yang memiliki ciri fisik bulat dan bewarna merah ini ternyata sangat efektif untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh. Ini dikarenakan, tomat memiliki kandungan lycopene yang cukup tinggi. Fungsi lycopene yang utama yaitu sebagai zat antikanker.
  2. Bawang Putih. Salah satu bumbu dapur ini memiliki kandungan nutrisi yang terbilang lengkap seperti vitamin A, B, C, selenium, yodium, kalium, zat besi, kalsium, seng serta magnesium. Berbagai nutrisi inilah yang menjadikan bawang putih sebagai sumber antioksidan penangkal radikal bebas.
  3. Teh Hijau. Suka minum teh...???. Teh khususnya teh hijau ternyata juga sangat bagus untuk menangkal radikal bebas. Ini dikarenakan, teh hijau mengandung sumber catechin polyphenol yang terbukti efektif mencegah kanker. Sangat disarankan untuk minum 3 (tiga) cangkir teh hijau setiap hari.
  4. Brokoli. Salah satu sayuran sumber antioksidan yang alami adalah brokoli. Sayuran ini mengandung sulforaphane yang berfungsi memerangi berbagai jenis kanker yang dapat mengancam jiwa seseorang. Oleh karena itulah, sangat disarankan untuk mulai menghidangkan sayuran brokoli kedalam meja makan anda.
  5. Stroberi. Buah stroberi...???. Ya, buah stroberi ternyata memiliki berbagai kandungan nutrisi seperti protein, serat, kalsium, fosfor, vitamin C, folat serta vitamin A. Berbgai nutrisi inilah yang menjadikan stroberi sumber antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh anda.
  6. Bayam. Inilah salah satu makanan kegemaran "Popeye". Faktanya, bayam memiliki kandungan nutrisi seperti sumber vitamin A, vitamin K, mangan, folat, kalsium plus protein dan flavonoid. Nutrisi-nutrisi inilah yang bertindak sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.
  7. Wortel. Inilah satu makanan sehat yang juga di sukai oleh kelinci. Salah satu keunggulan wortel yaitu sayuran ini memiliki kandungan falcarinol plus falcarindiol yang berfungsi sebagai nutrisi antikanker dan penangkal radikal bebas. Jadi, makanan sehat yang mana yang paling anda sukai untuk memerangi radikal bebas tersebut....???.
Artikel Kesehatan Lainnya....
Semoga tips kesehatan yang mengulas 7 makanan segar sebagai sumber antioksidan yang alami dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Akhir kata, salam hangat dari penulis. Image courtesy of phasinphoto at FreeDigitalPhotos.net. Sumber : canadianliving, intips-kesehatan.blogspot.

Related Posts:

0 Response to "7 Makanan Segar Sebagai Sumber Antioksidan Alami"

Posting Komentar