Apakah Masker Melindungi Dari Polusi Udara? Simak Pembahasannya



Menggunakan masker merupakan salah satu cara yang sangat mudah dilakukan oleh warga untuk melindungi diri terhadap polusi udara. Namun seorang ahli mengatakan bahwa cara tersebut kurang efektif.

Memakai helm, masker dan menahan napas merupakan suatu cara yang sering dilakukan oleh masyarakat Jakarta untuk menghindari polusi.

Peneliti senior yang berasal dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia yaitu Budi Haryanto mengatakan bahwa cara tersebut itu sebenarnya kurang efektif. Polusi udara yang terdiri dari debu dan gas tidak semuanya mudah dilihat sehingga gampang dielakkan.

Penggunaan masker sebenarnya tidak begitu efektif dikarenakan banyak sekali debu yang mungkin bisa saja tak tersaring sempurna tergantung dari kualitas masker itu sendiri. Contohnya itu masker yang sekali pakai yang sering dipakai oleh warga, sebenarnya masker tersebut bahkan bukan dirancang untuk menghalanginya dari polusi.

Kalau masker masker yang sering digunakan di rumah sakit itu kan dipakai untuk menahan apa yang dibersinkan pasien disaat sakit bukannya digunakan untuk menahan yang dari luar ke dalam.

Satu satunya cara efektif yang digunakan untuk menghindari polusi udara adalah dengan menjauhkan diri dari sumber polusi tersebut.

Usahakanlah untuk secepatnya keluar dari area berpolusi dan masker mungkin dapat digunakan untuk memperkuat perlindungan dari debu. Baca juga: Dampak negatif polusi

Related Posts:

0 Response to "Apakah Masker Melindungi Dari Polusi Udara? Simak Pembahasannya"

Posting Komentar