Amoksisilin Jadi Antibiotik Paling Laris



Sudah tahu kan apa itu amoxicilin?. Ya ini merupakan salah satu antibiotik yang sering digunakan dalam dunia medis.

Penggunaan yang salah dan diluar ambang batas antibiotik merupakan penyebab munculnya bakteri yang resisten atau kebal. Ini diperkuat lagi oleh data yang dimiliki oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI.

Berdarsarkan data yang ada berdasarkan riset tentang kesehatan setiap orang, pada tahun 2013 ada 10% dari rumah tangga di Indonesia yang menyimpan obat antibiotik jenis amoxicilin di rumahnya.

Jenis antibiotik yang satu ini, menjadi antibiotik yang paling populer daripada yang lainnya.

Secara keseluruhan masyarakat Indonesia yang punya amoksisilin ini, diketahui data penggunaan antibiotik jenis ini sebanyak: 83% membeli tapi tidak disertai resep dari dokter, lalu sebanyak 53% masyarakat menyimpan antibiotik amoksisilin, 12% menyimpan antibiotik jenis kotrimoksazol dan sisanya 7% menyimpan antibiotik jenis anti amuba dan anti fungi.

Obat amoxicilin ini selain jadi antibiotik yang paling populer, amoksisilin ini juga jadi antibiotik paling banyak yang diresepkan bagi dokter di puskesmas ataupun diseluruh rumah sakit se Indonesia.

Penelitian tentang hal yang sama, yang telah dilakukan sekitar tahun 2012 dan 2014 ini menyatakan bahwa amoksisilin salah satu antibiotik yang berada di peringkat satu, di atas antibiotik jenis kotrimoksazol dan sefadroksil. 69% masyarakat yang menyimpan antibiotik ini dirumahnya, mengaku berasal dari obat resep yang merupakan lebihnya setelah berobat. Sementara yang 31% menyimpan antibiotik untuk persediaan apabila anggota keluarga yang lainnya ada yang sedang sakit.

Hasil dari penelitian lain mengatakan bahwa sebanyak 40,91 % masyarakat membeli antibiotik di apotek, dan sisanya dapat dari dokter ataupun puskesmas, atau badan pelayanan kesehatan saat berobat. Dan perlu Anda tahu bahwa sebanyak 26,39% masyarakat Indonesia ternyata mendapatkan antibiotik dari warung warung yang biasa buat beli sayuran maupun rames. Ini tentu bahaya karena bisa jadi tidak sesuai dosis penggunaanya.

Hai kawan baca juga ya: Pengaruh kenaikan dolar terhadap stok obat

Related Posts:

0 Response to "Amoksisilin Jadi Antibiotik Paling Laris"

Posting Komentar