Inilah Dampak Negatif Polusi Terhadap Kesehatan Tubuh



Dampak negatif polusi terhadap tubuh - Polusi akibat debu itu sangat berbahaya bagi pernapasan kita, yang hal ini terbagi atas 3 macam kategori yaitu Parcitulate Matter (PM) 10; 2,5 dan mikro. Masing-masing hal tersebut punya dampak yang merugikan yang berbeda terhadap tubuh kita semua.

Parcitulate Matter (PM) ini adalah polusi udara yang bisa terdiri dari berbagai macam benda seperti butiran bahan kimia, cairan kimia, logam halus, ataupun partikel tanah yang mudah terbawa oleh angin. Umumnya PM ini bisa terhirup melalui hidung yang kemudia akan menuju ke paru-paru yang akan menimbulkan suatu masalah bagi kesehatan.

PM ini dapat terbagi menjadi tiga kategori yang tergantung dari tingkat kehalusan. PM 10 adalah sebuah partikel debu yang berukuran 10 mikron kebawah, PM 2,5 adalah partikel debu yang berukuran 2,5 mikron ke bawah, dan PM mikro berukuran lebih kecil dari 0,1 mikron. Semakin kecil ukuran debu maka semakin berbahaya terhadap tubuh.

Debu yang bisa masuk kedalam hidung itu adalah yang ukurannya mulai di bawah 10 mikron atau PM 10. Kalau PM 10 itu terhidup dia bisa menimbulkan infeksi saluran napas akut.

Terkait dengan hal tersebut alat pendeteksi polusi udara yang dikelola Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah DKI Jakarta bekerja untuk mendeteksi PM 10 ini. Semakin banyak alat yang digunakan untuk mengambil sampel PM 10 dalam suatu masa, maka indikatornya akan bergerak menuju ke arah bahaya.

Kemudian ada juga debu PM 2,5 yang artinya partikel debu yang lebih kecil dari 2,5 mikron. Itu menjadi tolak ukur karena di ukuran ini PM langsung masuk ke dalam paru-paru dan ini yang menyebabkan asma, bronkritis, pneumonia, serta gangguan pada fungsi paru-paru.

Ada juga partikel dari debu nano yang berukuran lebih kecil dari 0,1 mikron. Dia mampu menembus dinding paru dan akan ikut aliran darah langsung menuju target organ ke susunan saraf pusat, ke otak serta ke ginjal dan ini lebih berbahaya. Baca juga: Tingkat polusi udara di Jakarta meningkat

Related Posts:

0 Response to "Inilah Dampak Negatif Polusi Terhadap Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar