Teh Herbal Dapat Merusak Gigi

Dokter gigi menyatakan meminum teh herbal dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Para peneliti di Universitas Bristol Dental School menyatakan teh herbal dapat mengikis email gigi atau lapisan terluar gigi.

Bahkan terdapat beberapa jenis teh herbal lebih berdampak negatif pada gigi dibandingkan meminum jus jeruk yang sangat asam dan dapat merusak gigi.

Para peneliti menuturkan penemuan tersebut dapat digunakan sebagai sebuah peringatan bagi individu yang menganggap teh herbal sebagai sebuah alternatif lain selain minuman kesehatan lainnya.

Bahaya Asam Seperti yang tertulis di Journal of Dentistry, para peneliti menyatakan: "Banyak ahli epidemiological mengadakan studi tentang frekuensi konsumsi teh tersebut pada kaum muda dan tua."

“Salah satu faktor yang memicu timbulnya gangguan tersebut adalah konsumsi teh herbal yang selalu diasumsikan sebagai jenis minuman alternatif menyehatkan dibandingkan minuman jenis lain.”

Para peneliti telah mengukur kadar keasaman rata-rata pada berbagai jenis teh herbal dan menemukan tingkat keasaman yang berbeda pada setiap jenis teh herbal tersebut. Beberapa teh mengandung tingkat pH yang relatif rendah yang berarti teh tersebut bersifat asam dan cenderung merusak gigi.

Sedangkan teh yang berpH tinggi cenderung mengandung alkaline dan tidak berbahaya bagi kesehatan gigi. Tetapi dari semua penelitian para peneliti meyatakan bahwa banyak teh herbal yang dapat merusak email atau lapisan pelindung terluar dari gigi. Bahkan beberapa jenis teh tersebut memiliki dampak buruk tiga kali lipat lebih tinggi daripada jus jeruk.

“Banyak teh herbal yang diteliti cenderung merusak lebih merusak gigi dibandingkan jus jeruk,” ujar seorang peneliti.

Dokter gigi menyarankan agar mengurangi konsumsi jus buah yang berlebihan karena kandungan gula dalam jus tersebut dapat mengikis email gigi.

Para peneliti menyarankan para dokter gigi yang merawat pasien yang email giginya terkikis untuk menghindari mengkonsumsi teh herbal berlebihan. “Informasi ini sangat berguna bagi paramedis yang merawat pasiennya dengan masalah email gigi yang terkikis,”ujar para peneliti.

Menolak Pernyataan

Namun, kenyataan tersebut bertentangan dengan pernyataan pihak produsen teh herbal di Inggris yang menolak pernyataan para peneliti. Seorang sumber dari produsen teh herbal tersebut menuturkan:”Menyatakan bahwa mengkonsumsi teh buah-buahan dapat merusak gigi sama halnya dengan menyatakan bahwa memakan sebuah jeruk dapat merusak gigi – sebuah saran yang kita semua tahu tidak benar.

“Pada kenyataannya teh herbal serta buah-buahan terbukti sangat berkhasiat dan memiliki banyak keuntungan bagi tubuh.” Dia menambahkan, “Kita yakin bahwa para pengkonsumsi tidak perlu khawatir, karena jika kita mengkonsumsinya dalam kadar normal, kita tidak perlu khawatir karena asam yang menempel pada gigi akan dinetralisir oleh saliva dalam mulut.”

Related Posts:

0 Response to "Teh Herbal Dapat Merusak Gigi"

Posting Komentar