Gejala Serta Tanda Awal Kehamilan

Mengapa perlu tahu tanda serta "gejala kehamilan" ??Ini penting untuk diketahui,dengan mengetahuinya ,Anda akan lebih mudah melakukan persiapan lebih dini, sehingga resiko yang tidak diinginkan bisa ditanggulangi.Perlu diketahui,ketidaktahuan akan gejala kehamilan juga bisa menyebabkan resiko keguguran akibat kurangnya atau terlambatnya penanganan yang dilakukan.

Salah satu tanda awal kehamilan pada wanita adalah dengan terlambatnya periode menstruasi (bukan berarti setiap terlambatnya periode menstruasi sedang terjadi kehamilan).Berikut adalah tanda awal kehamilan yang lainnya pada seorang wanita yang biasanya terjadi :


1. Perubahan Pada Payudara.
Seorang wanita yang mengalami kehamilan akan merasakan perubahan pada payudaranya.Nyeri atau payudara yang akan terasa membesar, keras, dan sensitif dengan sentuhan. Tanda ini muncul dalam waktu 1-2 minggu setelah konsepsi (pembuahan). Dalam waktu 2 minggu setelah konsepsi, payudara seorang wanita hamil akan mengalami perubahan untuk persiapan produksi ASI yang dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron, hal inilah biasanya yang dirasakan seorang wanita di awal kehamilan.

2. Mual Pada Pagi Hari.
Mual pagi hari (morning sickness) umum terjadi pada triwulan pertama kehamilan. Meskipun disebut morning sickness, namun Tanda-tanda kehamilan berupamual dan muntah dapat terjadi kapan saja selama kehamilan. Penyebab mual dan muntah ini adalah perubahan hormonal yang dapat memicu bagian dari otak yang mengontrol mual dan muntah. Gejala ini dialami oleh 75% wanita hamil.

3.Kondisi Tubuh Mengalami Penurunan.
Mudah lelah, lemas, pusing, dan pingsan adalah gejala tanda-tanda awal kehamilan yang disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah dalam kehamilan atau kadar gula darah yang rendah.Sakit kepala juga biasa terjadi ,yang pada umumnya muncul pada minggu ke-6 kehamilan yang disebabkan oleh peningkatan hormon.Juga akan membuat adanya perubahan mood pada diri Anda.Mulailah mengontrol menu makanan dan aktivitas yang biasa anda lakukan agar tidak membahayakan kondisi calon buah hati anda.

4.Sulit BAB.
Konstipasi (sulit BAB) terjadi karena peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan kontraksi usus menjadi lebih pelan dan makanan lebih lambat melalui saluran pencernaan.

5. Adanya Bercak Pendarahan.
Bercak perdarahan. terjadi ketika telur yang sudah dibuahi berimplantasi (melekat) ke dinding rahim sekitar 10-14 hari setelah fertilisasi (pembuahan). Tipe pendarahan yang menyertai awal kehamilan umumnya sedikit, bercak bulat, berwarna lebih cerah dari darah haid, dan tidak berlangsung lama.

Related Posts:

0 Response to "Gejala Serta Tanda Awal Kehamilan"

Posting Komentar